![]() |
Selahan yang normal bergerak turun dan naik |
Untuk memperbaiki selahan yang macet sangat mudah untuk motor matic hanya perlu membuka bagian blok CVT atau biasa di sebut mesin kiri, Tanpa perlu banyak alat untuk membongkarnya. Anda bisa melakukan sendiri atau meminta bantuan kepada ahli dibidangnya.
Kunci dan alat yang di harus di siapkan ketika membuka blok CVT untuk memperbaiki selahan:
- Kunci T 8mm
- Obeng Min Panjang
- Tang lancip
- Gemuk CVT atau Pelumas
- Cairan Pembersih
![]() |
Penampakan komponen selahan (gear kick starter) |
Selahan macet akibat tidak ada pelumasan.
Kendala seperti ini sering terjadi pada motor-motor baru, untuk mengatasinya adalah dengan membuka terlebih dahulu bagian blok CVT, bersihkan komponen terhadap kotoran, kemudian beri pelumasan dengan gemuk CVT atau bisa dengan oli, oleskan terhadap gigi/gear selah yang kering secara merata. Gerakan selah naik turun, sambil menahan perputaran gigi dengan jari telunjuk, sampai terasa enteng. Setelah itu pasangkan kembali seperti semula, dan rasakan perubahannya.
Engkol Macet Akibat Gigi Yang Rontok
Pernahkah anda ketika mengengkol terasa bunyi "gerelek" kemungkinan gigi selah tersebut telah aus atau hancur biasnya terjadi pada motor matic yang tua, akibat sebelumnya tidak ada pelumasan pada ulir gigi-gigi nya. Jika ini terjadi tentu harus mengganti gigi selahan tersebut dengan yang baru. karena tidak mungkin bisa untuk di lakukan perbaikan.
Komponen Kick Starter (Selahan) Yang terdapat pada matic Honda:
- Kick Arm (Pedal)
- Pegas Gear Pinion (Per gir pinion)
- Spindle Comp (as selah menyatu dengan gear)
- Pinion Gear spindle (poros gear kick starter)
- Pegas Pinion Gear
- Seal Shaft
- cover plate gear.
Kick starter adalah untuk memulai menghidupkan mesin dengan cara hentakan kaki kebawah. biasanya berat hentakan pada sepeda motor sangat beragam tergantung jenis torsi sepeda motor . Selain kick starter berfungsi untuk menghidupkan mesin juga untuk melancarkan peredaran oli di dalam mesin, menghemat arus listrik aki, sebagai alternatif menghidupkan mesin ketika aki mati atau lemah, dan juga untuk memeriksa arus listrik ketika motor mengalami kerusakan kelistrikan.
Pentingnya di lakukan saat pagi hari
Jika tidak terburu-buru berangkat pagi sebaiknya lakukan Menyelah minimal sebanyak tiga kali, agar aki tetap awet, memompa oli di dalam mesin agar menyebar keseluruh komponen. dan untuk menyebarkan gemuk pada gigi selah agar selalu enteng ketika di selah, untuk motor matic. Selain itu juga sekalian olah raga 😀.
Komentar
Posting Komentar
Hi welcome to kimingmotor.blogspot.com