Penyebab Kerusakan ACG Starter
Penyebab kerusakan ACG starter. Apakah kalian mempunyai motor matic honda dengan sistem injeksi keluaran terbaru Honda seperti, New Beat, Vario 125, dan New Scoopy. Ya motor ini sudah tidak lagi menggunakan sistem starter konvensional yaitu menggunakan dinamo starter untuk menghidupkan mesin tetapi dengan suara yang bising. Berbeda hal nya dengan sistem ACG starter yang sangat halus saat menyalakan mesin.
Hal ini karena tidak ada sistem Gear yang di hubungkan untuk memutarkan crankshaft seperti starter konvensional (menggunakan dinamo starter) sebagaimana motor-motor lama.
![]() |
ACG Stater Memutarkan Crank Shaft |
Kerusakan pada sistem ACG starter terjadi ketika menekan tombol starter tidak ada tanda-tanda seperti: putaran mesin, bunyi mesin, dan suara mesin yang lemah. Berikut ini adalah kerusakan yang terjadi pada Sistem ACG Starter, yang saya temui saat perbaikan di bengkel, berdasarkan pengalaman selama menjadi mekanik:
Aki Lemah dan Mati
Aki lemah dapat mempengaruhi perputaran roda magnet starter. karena daya listrik yang di butuhkan untuk memutar beban kompresi sangat kuat. sehingga aki yang dibutuhkan minimal memiliki daya sekitar 12V. Untuk Mengetahui aki lemah atau mati gunakan alat ukur Avometer digital. Jika aki menunjukan lemah di bawah 12V (Volt), periksa rangkaian kabel yang terhubung, jika aman. lakukan pergantian aki dengan yang baru
Rangkaian Kabel Body
Kabel Body adalah sekumpulan kabel rangkaian kelistrikan yang berupa arus listrik, atau non arus listrik yang terhubung dengan komponen-komponen yang terdapat pada kendaraan. Jika bermasalah akan mengakibatkan error, konslet, dan mogok pada komponen berhubungan. Begitu pula pada rangkaian ACG Starter tersebut. Kerusakan sering saya temui berikut ini:
- Akibat Gigitan tikus
- Konsleting arus listrik
- variasi lampu berkedip
- Gesekan kabel pada rangka dan
- Longgarnya Konektor (Soket Kabel)
Debu/Kotoran Yang Terhisap
Debu dan Kotoran dapat terhisap oleh kipas dan masuk melalui rongga pada penutup magnet. Hal sepele ini dapat terjadi pada setiap sepeda motor yang mempunyai sistem ACG Starter. akibat kotoran yang menempel pada dinding-dinding magnet dan Stator Coil.
- Putaran magnet lemah dan
- Fly Wheel (Magnet) macet.
Solusinya adalah dengan membongkar ACG Starter dan membersihkan pada bagian kotor, dengan mengunakan angin kompresor. dan selalu menjaga kebersihan sepeda motor.
Riley Starter Gosong
Riley sebagai komponen pemutus dan penghubung arus listrik dengan arus yang kaut. terletak dekat dengan kumpulan sekring. Karena pembebanan kelistrikan tinggi seiring berjalannya waktu, kaki riley dapat gosong atau renggang pada konektor yang di akibatkan kurang rapat nya konektor pada box riley. penyebabnya dapat terjadi akibat
- Riley ke masukan air
- Goncangan pada kendaraan
- Pemasangan riley kurang pas
- Beban putaran magnet berat
Sensor CKP Rusak
Sensor CKP (Crank shaft Position ) juga sangat berhubungan terhadap ACG Starter karena berfungsi untuk membaca putaran magnet dan timing putaran crankshaft yang dikontrol ECM, jika terjadi error maka ECM akan memutus hubungan terhadap rangkaian tersebut. Penyebanya sebagai berikut:
- keretakan pada sensor CKP
- Pergeseran sensor tidak sejajar
- Rangkaian kabel bermasalah
- Konektor CKP longgar
Akibat kerusakan tersebut rangkaian ACG starter bermasalah. Gejala yang dirasakan seperti kumat-kumat pada saat menekan tombol starter, terjadi kedipan di lampu mil dan mogok.
ECM Error atau Mati
ECM (Engine Control Module) Modul Pengontrol Mesin dengan Rangkaian Kelistrikan. Jika terjadi error akan menyebabkan rangkaian ACG starter menjadi mati. yang di sebabkan
- Konsleting atau kabel putus,
- Penambahan variasi lampu
ECM yang rusak tidak dapat di perbaiki maka solusinya dengan mengganti yang baru. kerusakan tersebut dapat menyebabkan ACG starter menjadi mati.
Demikian Penyebab Kerusakan Pada ACG Starter semoga dapat bermanfaat dan ada ilmu yang di dapat . Salam Mekanik.
Komentar
Posting Komentar
Hi welcome to kimingmotor.blogspot.com