Penyebab Lampu Depan Sepeda Motor Mati

Penyebab Lampu Sepeda Motor Mati

Hallo kawan semua. Lampu depan pada sepeda motor sangat penting bagi keselamatan pengendara. Bohlam atau lampu berfungsi sebagai penerangan ketika berkendara, mengurangi tingkat kecelakaan di jalan, dan membuat konsentrasi pengendara ketika melihat sekitar. 
Penyebab lampu depan mati beserta solusinya
Lampu depan sepeda motor

Keawetan lampu juga tergantung pada kondisi kelistrikan sepeda motor, perawatannya, dan penggunaan bohlam itu sendiri. Karena tingginya kecelakaan untuk motor-motor sekarang lampu depan juga dinyalakan pada siang hari.

Kawat penghubung bohlam putus

Berikut ini penyebab bohlam mati, dan sering mati, dari yang termudah sampai yang tersulit:

Saklar atau switch Rusak

Saklar sebagai penghubung arus listrik output dan input, dapat mengalami keausan karena usia pakai, jika ini terjadi lakukan pergantian saklar dengan yang baru. Penyebab lainnya Karat akibat korosi dari air hujan dan cuaca, Solusinya adalah dengan membongkar pada bagaian dalam saklar, kemudian ampelas tuas penghubung besi kecil didalamnya yang menghalangi penempelan arus listrik. 

Akibat kotoran yang menempel sehingga arus listrik terhambat, bersihkan dengan cairan Cleaner secara merata, keseluruh bagian dalam komponen saklar. Jika cara demikian sudah dilakukan tetapi tidak berhasil, periksa kabel input apakah terdapat arus listrik? jika tidak di temukan lakukan pemeriksaan tahap selanjutnya.

Sekring Putus atau Tidak Ada Arus Listrik

Sekring sebagai pengaman rangakaian arus listrik, jika terjadi korsleting. dan pemutus arus yang melebihi batas. Sebelum memeriksa sekring alangkah baiknya periksa terlebih dahulu arus listrik input pada konektor sekring, dengan menggunakan alat ukur. Apakah terdapat arus listrik? jika ditemukan, langkah selanjutnya periksa sekring terhadap kontinuitas, Jika terjadi putus sekring maka arus listrik tidak dapat disalurkan. solusinya ganti sekring dengan yang baru.

Sepeda motor sekarang sudah menggunakan sekering sebagai pengaman untuk mengaliri arus listrik terhadap lampu depan. Jika sekring putus maka arus listrik tidak dapat disalurkan. Sebelum mengganti sekring yang baru, alangkah baiknya periksa terlebih dahulu rangkain kabel yang berhubungan dengan jalur lampu tersebut. dan Gunakan sekring sesuai dengan amper standarnya. 

Rangkaian Kabel Bermasalah

Rangkain kabel yang bermasalah akibat putus ataupun korslet. Untuk memeriksanya periksa terlebih dahulu konetor atau soket lampu apakah terdapat arus listrik atau kontinuitas? jika bermaslah periksa kabel yang berhubungan seperti masa kabel, arus listrik dari saklar dan alur kabel yang berhubungan. gunakan alat ukur untuk memeriksa rangkaian kabel bermaslah agar mudah memperbaikinya.

Kiprok/Regulator Rusak

Kiprok sebagai arus pengisian aki dan penyimbang arus listrik lampu, dapat mengalami kerusakan akibat beberapa fakor. ketika kiprok bermaslah berimbas pada tegangan arus listrik yang berlebuh (Over Voltage) sehingga menyebabakan cepat putusnya lampu depan dan lampu pendukung lainnya. Jika kiprok tegangan lemah berimbas pada redupnya lampu. Untuk memeriksanya gunakan alat avometer dan lampu pengetesan.

Spull yang Rusak

Spul adalah tahapan terakhir dari pemeriksaan terhadap matinya lampu depan, karena spull sebagai pembangkit arus listrik utama dalam kelistrikan sepeda motor. biasanya kabel kuning atau putih adalah jalur output arus listrik untuk lampu, periksa apakah terdapat arus listrik pada kabel tersebut, dengan dibarangi Kick Satrter. Jika tidak ada arus listrik maka gulungan spul yang bermasalah.

Spull rusak dapat terbagi 2 yaitu:
  1. Spull terbakar: karena kawat yang terkelupas atau arus listrik yang bertabrakan
  2. Gulungan kawat spull putus: akibat gesekan terhadap gulungan atau ada benda yang tergulung.
Demikian penyebab Lampu Depan Sepeda Motor Mati semoga bisa membantu. cara ini berdasarakan pengalaman pribadi yang saya temukan, sliahkan di komentari pendapatnya 😃.


Komentar